Wednesday, 22 January 2014

Bangunan Sejarah Megah di Dunia


1. Kota Terlarang (The Forbidden City)



















 



Nama        : The Forbidden City  紫禁城;
Dibangun   : 1406-1420
Tempat      : Beijing, Cina
Categori     : Istana
Luas          : 720,000 meter persegi
Kerajaan    : Ming, Qing


Kota Terlarang terjemahan dari kata Zijin Cheng, yang berarti "Kota Terlarang Ungu" yang merupakan bekas istana kerajaan Dinasti Ming dan Dinasti Qing yang dibangun pada tahun 1406-M. Kota Terlarang menjadi kediaman para Kaisar Tiongkok selama hampir 500 tahun sebalum menjadi Museum Istana Cina.

Kota Terlarang memiliki luas 720 ribu meter persegi dengan 980 bangunan, dan 8,707 ruangan , sungguh luar biasa istana ini apabila di lihat dari tahun pembuatannya yang kuno.



Kota Terlarang telah  terdaftar sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1987. Walaupun tidak lagi ditempati oleh kalangan bangsawan, Kota Terlarang tetap merupakan simbol dari kekuasaan Tiongkok (RRC), Gambarnya sendiri muncul pada lambang negara Republik Rakyat Cina. Museum Istana sekarang ini merupakan salah satu lokasi yang paling menarik wisatawan di dunia. 

Bagi agan2 yang pergi ke beijing, kurang pass.. rasanya kalau tidak mampir ke museum ini. 


2. Alhmabra (Al Hamra')














   





Nama        : Al-Hamra' الحمراء
Dibangun   : 889
Tempat      : Granada, Spanyol
Categori     : Benteng, Istana
Luas          : 142,000 meter persegi
Kerajaan    : Moor Granada (Dinasti Umayyah)


Alhambra atau dalam bahasa arab Al-hamra' yang mempunyai arti "merah" adalah sebuah benteng dan istana tempat tinggal khalifah beserta para pembesarnya yang dibangun pemerintahan Dinasti Umayyah di wilayah perbukitan di batas kota Granada, Spanyol. corak arsitektur bangunan Alhambra sangat mencerminkan arsitektur bangunan timur tengah dengan Eropa.
Bangsal Singa
Alhambra juga memiliki beberapa taman, air mancur, dan kolam yang anggun. Di belakangn Alhambra ada puncak bersalju yang bernama Sierra Nevada. Alhambra sendiri terletak di atas Sabika, sebuah bukit panjang berhutan setinggi 150 meter di atas kota Granada.

Alhambra bukan sekadar istana. Ia dapat dilukiskan seperti kota dalam kota Granada. Persis di belakang temboknya yang panjang itu terdapat taman-taman, paviliun-paviliun, kompleks istana, Alcazaba, dan bahkan sebuah medina atau kota kecil. 

Desain orang Moor di Alhambra dan tambahan yang dibuat belakangan telah menghasilkan penampilan yang unik dari kesenian Arab yang halus dan rumit yang berpadu dengan garis-garis tegas namun seimbang dari Renaisans Eropa. di dalam Alhambra ada banyak bangunan dan tempat indah di antaranya seperti Istana Comares, Bangsal singa, dan El Partal.
El-Partal
 Alhambra bisa begitu indah berkat gaya yang digunakan oleh orang-orang Moor dan juga oleh orang-orang Yunani kuno. Pertama-tama, mereka membentuk warna dan tekstur alami batu dengan harmonis, seimbang, namun sederhana.



3. Potala

 




















Nama        : Potala
Dibangun   : 1645
Tempat      : Lhasa, Tibet, Cina
Categori     : Istana
Luas          : 400 x 350 meter
Kerajaan    : Tibet


Lhasa, Tibet adalah sebuah daerah yang berada di pegunungan Himalaya perbatasan antara Cina dan India. sering juga di dikatakan dengan dengan nama puncak dunia. terdapat sebuah bangunan menjulang raksasa yang bernama Potala sebuah istana tempat pemerintahan otonomi daerah Tibet, Cina yang dipimpin oleh Dalai Lama. Dalai Lama adalah kepala pemerintahan Tibet, mengendalikan sebagian besar negara  ibukota Lhasa. 

Gedung Istana Potala ini berukuran panjang 400 meter dari timur Ke barat dan lebar 350 meter dari utara ke selatan,  Bangunan ini memiliki tiga belas tingkat dan memiliki lebih dari 1.000 kamar, dan 10.000 tempat pemujaan dan sekitar 200.000 patung membumbung setinggi 117 meter di atas puncak gunung Marpo Ri, "Lembah Merah" yang menjulang lebih dari 300 meter secara menyeluruh dari dasar lembah.

Sekarang ini, Istana Potala diubah fungsinya oleh Negara Cina menjadi sebuah museum. setelah invasi penyerangan China pada tahun 1959 sekarang Potala juga telah menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO.


4. Palacio Nacional da Pena (Istana Nasional Pena)

Nama       : Palácio da Pena
Dibangun  : 1842
Tempat     : Sao Pedro de Penaferrim, Sintra, Portugal
Categori    : Kastil
Luas         : -


Kastil ini terletak di atas puncak bukit kota Sintra, Portugal. apabila hari cerah bangunan kastil ini dapat terlihat dari kota Lisbon Ibukota Portugal. Kota ini pertama kali dibangun oleh Raja Ferdinad II pada tahun 1842. Kastl ini merupakan monumen nasional dan merupakan salah satu dari ekspresi utama romantisisme abad ke-19 di dunia. Kastil ini merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO dan merupakan salah satu dari Tujuh Keajaiban Portugal.


5. Mysore Palace (Istana Mysore)



Nama       : Mysore Palace
Dibangun  : 1524
Tempat     : Mysore, Kartanaka, India
Categori    : Istana
Luas         :128,42 Km

Istana Mysore adalah kota terbesar ketiga di negara bagian kartanaka, india, yang berfunsi sebagai ibu kota maysore selama hampir enam abad, dari tahun 1399 sampai pada tahun 1947. terletak di Chamundi Hill 146 KM ke arah barat daya ibukota negara bagian Banglore. Istana Mysore di bangun di area seluas 128,42 Km. 

 
Kerajaan Mysore diperintah oleh dinasti Wodeyar, Mysore terkenal karena istananya, termasuk Istana Mysore, dan perayaan yang berlangsung selama festival Dasara ketika kota menerima sejumlah besar wisatawan. Tempat di mana Istana Mysore sekarang berdiri diduduki oleh sebuah desa bernama Puragere pada awal abad ke-16. Istana Mysore dibangun pada tahun 1524 M oleh Chamaraja Wodeyar III (1513-1553),yang diteruskan kekuasaan Puragere kepada anaknya Chamaraja Wodeyar IV (1572-1576). Mysore di india merupakan salah satu istana bersejarah  yang paling terkenal. dan juga salah satu wisata paling terkenal di India setelah Taj Mahal dengan lebih dari 2,7 juta pengunjung.




6. Istana Topkapi (Istambul, Turki)


Nama       : Istana Topkapi
Dibangun  : 1459
Tempat     :Istambul, Turki
Categori    : Istana
Luas         : 700,000 m2.
kerajaan    : Dinasti Utsmaniah

Istana ini dibangun pada tahun 1459 M di kota Istambul, Turki. sebelum namanya di ubah oleh Sultan Muhammad Al Fatih kota ini bernama Konstantinopel sebuah Ibukota Romawi Timur (Ibukota Kristen Ortodok) yang telah di taklukkannya.



Bangunan ini dibangun oleh sultan Muhammad Al Fatih nuntuk dijadikan sebuah istana kesultanan Dinasti Utsmaniah setelah Ibukota kesultanan di pindah ke Istambul (sebelumnya ibukota utsmaniah berada di Edirne sebelah barat Istambul) setalah manaklukkannya.



Istana ini dibangun di tanah seluas 700,000 m2. dan dikelilingi oleh dinding pagar seluas 5 KM. Istana Topkapi menjadi kediaman resmi dan utama bagi Sultan Utsmaniah selama 400 tahun sebelum akhirnya pada tahun 1924 presiden pertama turki Mustafa Kemal Ataturk menukar istana ini menjadi sebuah Museum dan terdaftar pada situs Warisan Dunia UNESCO.


istana ini sampai sekarang telah menjadi keagungan kota turki masa lampau, dan pendirinya, yaitu sultan muhammad al fatih


4 comments :